FANTASTIC 4, TIM INOVASI PILOG BERHASIL MERAIH PERINGKAT PERTAMA KATEGORI PI COMPETENT PADA AJANG PIQI 2022

Tim Inovasi PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG), Fantastic 4 berhasil meraih peringkat pertama pada ajang Pupuk Indonesia Quality Improvement (PIQI) 2022 untuk kategori PI Competent, pada 5-8 September 2022 di Gedung Serbaguna PT Pupuk Kujang Cikampek. PIQI merupakan ajang konvensi dan kompetisi inovasi di lingkungan Pupuk Indonesia (PI) Grup yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi perusahaan di lingkungan PI Grup, khususnya dalam membangun budaya inovasi. Pada tahun ini, PIQI 2022 dibagi menjadi 3 kategori yaitu PI Agile, PI Competent, dan PI Care

Tim Fantastic 4 berhasil mengungguli PT Pupuk Kaltim di posisi 2 dan PT Pupuk Indonesia pada urutan ke-3. Ketua Tim Fantastic 4, Edwin Octoriza mengatakan Fantastic 4 menjadi satu-satunya Tim dari anak perusahaan (anper) non pupuk yang berhasil melaju ke-3 besar dan menyabet juara pertama kategori PI Competent. Pada ajang Inovasi PIQI 2022, Fantastic 4 memperkenalkan inovasi cara menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) di main engine kapal Salmon Mustafa dengan melakukan modifikasi pada scavenging intake impeller. “Inovasi dari Tim kami adalah untuk menurunkan konsumsi BBM di main engine kapal Salmon Mustafa dengan melakukan modifikasi pada scavenging intake impeller. Setelah kami lakukan evaluasi dari bulan April sampai dengan Juli 2022, inovasi tersebut menghasilkan penghematan sekitar 2 Milyar rupiah.” Jelas Edwin.

Soal persiapan, Edwin mengaku disupport penuh oleh Direksi PILOG melalui Departemen Sistem Manajemen (Sisman). "Alhamdulillah dari kemenangan PILOG di PIQI 2022 kategori PI Competent membuktikan bahwa anper non-pupuk pun juga memiliki peluang dan kesempatan yang sama dengan anper produsen pupuk lainnya. Semoga hal ini bisa menjadi pemicu bagi teman-teman di PILOG untuk dapat terus melakukan improvement." tambahnya. Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Logistik, Tentaminarto TF sangat mengapresiasi dan bangga terhadap pencapaian Fantastic 4, sebagai satu- satunya anper non pupuk yang berhasil masuk sebagai 9 besar dari total keseluruhan 45 Tim Gugus dan 3 besar dari kategori PI Competent.

"Selamat untuk Fantastic 4 dan Tim PILOG yang terlibat. Dengan pencapaian ini menjadi kebanggaan kita karena PILOG sebagai anper non Pupuk bisa mengukir prestasi. Semoga inovasi tersebut bisa menjadi penyemangat untuk seluruh karyawan menciptakan berbagai inovasi," ungkap Tenta.