Pelaksanaan Assessment Kinerja Unggul Baldrige Excellence Framework di PILOG 02-08 Oktober 2022

 

PT Pupuk Indonesia Logistik telah melaksanakan Assessment Kinerja Unggul Baldrige Excellence Framework yang dimulai dari tanggal 2 Oktober hingga 8 Oktober 2022 dan dilakukan selama 7 (tujuh) hari. Tujuan dari pelaksanaan assesmen ini adalah melakukan pengukuran atas kinerja organisasi/perusahaan guna mencapai kesisteman organisasi yang ekselen.

Lalu pada tanggal 5 Oktober 2022, salah satu Tim Examiner Indonesian Quality Award Foundation (IQAF) melakukan site visit ke kantor PT PILOG untuk melakukan klarifikasi- klarifikasi terhadap hal-hal yang membutuhkan penjelasan lebihi lanjut terkait lingkungan kerja.

Lebih lanjut mengenai Baldrige Excellence Framework adalah Kriteria Kerja Ekselen yang dikelompokkan dalam 7 kategori dan disusun dalam suatu "Kerangka Manajemen Kinerja" berbasis konsep Total Quality Managemet, dimana ke-tujuh kategori tersebut mencakup:

1.      Kategori 1 tentang Kepemimpinan (Leadership)

2.      Kategori 2 tentang Perencanaan Strategis (Strategic Planning)

3.      Kategori 3 tentang Fokus pada Pelanggan (Customer Focus)

4.      Kategori 4 tentang Pengukuran Kinerja (Performance Measurement)

5.      Kategori 5 tentang Fokus pada Karyawan (People Focus)

6.      Kategori 6 tentang Proses Manajemen (Management Process)

7.      Kategori 7 tentang Hasil Akhir (Result)

Tim Examiner yang beranggotakan Bpk. Tony Harso Pr. (Team Leader), Bpk. Priyadi (Wakil Team Leader), Bpk. DR. Philips Kembaren (Anggota), Bpk. Dr. Tolopan Tobing (Anggota), dan Bpk. Octavianus (Anggota) yang kesemuanya merupakan examiner dari Indonesian Quality Award Foundation (IQAF) selaku yayasan yang melakukan asesmen untuk penilaian kinerja berdasarkan kriteria Baldrige Excellence Framework 2021-2022.

Assessment Kinerja Unggul Baldrige Excellence Framework dilakukan secara online melalui Zoom Meeting dimana setelah pembukaan dilanjutkan dengan diskusi per kategori yang berlangsung hingga hari Rabu, 5 Oktober 2022. Di samping melakukan diskusi dengan anggota kategori, Tim Examiner juga melakukan wawancara Ketenagakerjaan, wawancara dengan Pemasok, wawancara dengan ABK, wawancara dengan Pelanggan, wawancara lanjutan dan kunjungan langsung ke PT Pupuk Indonesia Logistik.

Keseluruhan rangkaian acara ditutup dengan Closing Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2022 secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Dimana Tim Examiner mengemukakan hasil site visitnya berupa pemaparan mengenai indicator-indikator dan masukkan hasil diskusi setiap kategori.

Dengan dilaksanakannya Assessment Kinerja Unggul Baldrige Excellence Framework, diharapkan perusahaan memiliki kesisteman organisasi yang semakin baik ke depannya.