Pentingnya Mitra Bisnis PILOG Dalam Distribusi Pupuk di Indonesia

Kalau berbicara soal pangan di Indonesia, pasti erat kaitannya dengan pertanian dan pupuk. Nah dua hal tadi memang tidak bisa dipisahkan. Terutama soal pupuk, aku mau sedikit menjelaskan mengapa sangat penting. Karena kalau tidak ada pupuk, kita tidak akan mendapatkan kualitas dari pertanian, dalam artian pangan juga akan terganggu dengan pertanian yang kurang berkualitas. Maka dari itu, hadir sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang Jasa Pelayaran dan Jasa Angkutan Laut yaitu PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) yang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) dan sudah didirikan pada tanggal 23 Desember 2013.

 

PILOG sendiri menjalankan bisnis komersial jasa angkutan laut untuk pupuk (fertilizer), bahan baku pupuk (fertilizer raw materials), cairan, ammonia, batu bara, gypsum dan kebutuhan lain dari perusahaan-perusahaan khususnya yang tergabung dalam PT Pupuk Indonesia Grup. Untuk semakin menunjang dalam distribusi pupuk, PILOG meresmikan mitra binaannya yaitu CV Bina Wira Utama (BWU), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Marine Supplier dan fabrikasi supporting pengadaan barang dan jasa kapal milik PILOG.  Dalam Peresmian ini dilakukan sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PILOG yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas mitra binaannya.

 

Dalam peresmian mitra binaan PILOG ini dihadiri oleh Direktur Administrasi & Keuangan PILOG Priyasdhika, dan Direktur Utama CV Bina Wira Utama (CV BWU) Sukma Rizki Andiantiko S, serta perwakilan dari pemerintah daerah yaitu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, media massa dan stakeholder terkait. Dalam sambutannya, Priyasdhika mengatakan bahwa PILOG memiliki komitmen untuk membantu pengembangan usaha mitra binaannya melalui berbagai program bantuan dan fasilitasi. 

 

Kami berharap dengan adanya peresmian ini, CV BWU dapat meningkatkan kinerja dan layanannya dalam mendukung operasional kapal-kapal PILOG yang berperan penting dalam pendistribusian pupuk di seluruh Indonesia. Lebih dari itu, semoga kedepannya CV BWU dapat menjadi contoh bagi mitra binaan PILOG lainnya dalam hal profesionalisme, integritas dan kesejahteraan,” ujar Priyasdhika lebih lanjut.

 

Dalam peresmiannya, ditandai dengan pemotongan pita oleh Direktur Administrasi & Keuangan PILOG, Priyasdhika. Acara yang juga diisi dengan beberapa agenda lainnya seperti; mini Vendor Gathering Wilayah Semarang, Sosialisasi Program Digitalisasi PaDi UMKM, dan Peresmian Logo Mitra Bisnis Pupuk Indonesia Logistik (MBP).

Oh iya, jadi Mitra Bisnis Pupuk Indonesia Logistik (MBP) adalah sebuah wadah yang bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama antara PILOG dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis lainnya. Kehadiran MBP diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling berbagi informasi, pengalaman, dan pengetahuan tentang industri logistik dan maritim.

 

Kenapa adanya MBP ini sangat penting? Karena dengan adanya MBP, dapat menunjang kebutuhan pupuk yang merupakan sumber nutrisi penting bagi tanaman yang diperlukan untuk pertumbuhan dan produksi yang optimal. 

Sehingga diharapkan nantinya dapat membantu PILOG dalam penyebaran pupuk ke seluruh Indonesia. Karena, distribusi pupuk yang baik nantinya akan menjadi peningkatan produktivitas pada pertanian, meningkatkan kualitas hasil pertanian, ketahanan pangan dan paling penting adalah pengurangan kerawanan iklim yang semakin hari semakin nyata dan meresahkan. 

 

Diharapkan dengan adanya Mitra Bisnis Pupuk ini menjadi penggerak dan menunjang distribusi pupuk di Indonesia. Karena dengan lancarnya distribusi pupuk ini, maka menjadi modal para petani untuk menghasilkan pertanian yang berkualitas