TIM INOVASI PILOG RAIH PENGHARGAAN DIAMOND DAN PLATINUM DI AJANG TKMPN XXVI 2022

Tim Inovasi PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG), berhasil meraih penghargaan Diamond & Platinum dalam ajang Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVI 2022 pada 21 – 25 November 2022 di Lombok Raya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). TKMPN XXVI di Lombok diikuti lebih dari 1.500 peserta kompeten kelas nasional di bidang manajemen mutu dan produktivitas kerja. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari 129 perusahaan besar di Indonesia. Pada TKMPN XXVI terdapat 391 tim terdiri dari Tim QEA (QCC, SS/QCI, QCP) 5R dan Design Thinking, dimana kompetisinya dibagi dalam 13 stream untuk ruang presentasi.

 

Dua karya inovasi terbaik dari karyawan dan karyawati PILOG dipertandingkan dalam kompetisi improvement level nasional yang mempertemukan berbagai elemen, baik perusahaan-perusahaan swasta nasional, koperasi, BUMN, lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, hingga organisasi nirlaba sebagai wujud nyata upaya mengelola mutu dan produktivitas perusahaan. 

 

Pertama, inovasi cara menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) di main engine Kapal MT Salmon Mustafa dengan melakukan modifikasi pada scavenging intake impeller. Terobosan yang dibawakan oleh tim Fantastic 4, terdiri dari Edwin Octoriza, Sherry Haryani, Izzudin, dan Dopy Nugraha Bima tersebut berhasil menduduki peringkat terbaik dengan kategori penghargaan Diamond. “Inovasi dari Tim kami adalah untuk menurunkan konsumsi BBM di main engine kapal Salmon Mustafa dengan melakukan modifikasi pada scavenging intake impeller. Setelah kami lakukan evaluasi dari bulan April sampai dengan Oktober 2022, inovasi tersebut menghasilkan penghematan sekitar 3 Milyar rupiah.” jelas Ketua Tim, Edwin.

 

Kedua, masih inovasi terkait efisiensi biaya khususnya pada penggunaan BBM sesuai arahan Manajemen PILOG, tim Forecastle mengusung tema menurunkan konsumsi BBM menggunakan OPS (Onshore Power Supply) pada kapal pupuk milik PILOG. Tim yang beranggotakan Edwin Octoriza, Atiek Puji Lestari, Retno Wulandari, dan Nadya Syahmita Pratiwi ini berhasil mendapatkan penghargaan Platinum pada ajang Inovasi TKMPN 2022. Dikatakan Edwin, timnya telah melakukan persiapan matang untuk mengikuti ajang bergengsi TKMPN 2022, inovasi yang diikutsertakan telah melalui berbagai tahap, mulai dari persiapan, analisa, evaluasi, pencapaian hasil, hingga penetapan standar operasional. Setelah melakukan evaluasi selama kurang lebih setahun saat menggunakan OPS, banyak benefit yang didapatkan PILOG, mulai dari segi Quality, Cost, Delivery, HSSE, dan Morale. Dengan realisasi bongkar sebanyak 56 kali dalam 1 tahun kontrak, PILOG telah melakukan penghematan sebesar 6,9 Milyar dari penggunaan OPS.” Ucap Edwin selaku Nakhoda dari Tim Fantastic 4 dan Forecastle.

 

Soal persiapan, Edwin mengaku disupport penuh oleh Direksi PILOG melalui Departemen Sistem Manajemen (Sisman).  "Alhamdulillah dari penghargaan Diamond dan Platinum pada TKMPN 2022 ini membuktikan bahwa hasil tidak akan menghianati usaha dan kerja keras. Sehingga peluang maupun kesempatan bisa didapatkan jika kita mau berusaha dan optimis. Semoga hal ini bisa menjadi pemicu bagi inovator-inovator lainnya untuk dapat terus melakukan improvement di bidangnya masing-masing, serta memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat luas," ungkapnya.

Sementara Manajer Sisman, Pinky Mauliedannia selaku fasilitator dari Gerakan Inovasi PILOG siap mendukung Tim Inovasi PILOG GO Internasional. Pada awal tahun 2022, Departemen Sisman telah membentuk beberapa tim inovasi untuk dapat diikutsertakan dalam ajang kompetisi inovasi, baik internal PI Grup maupun nasional. Sebelum mengikuti kompetisi, dilakukan bimbingan dalam penyusunan makalah untuk seluruh tim. Setelahnya dilakukan seleksi melalui PILOG AWARD 2022, untuk diikutkan dalam Pupuk Indonesia Quality Improvement (PIQI) 2022, TKMPN 2022, dan kemudian akan mengikuti ajang inovasi International Quality dan Productivity Convention (IQPC) 2023 mendatang” jelas Pinky.

 

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Logistik, Tentaminarto TF sangat mengapresiasi dan bangga terhadap pencapaian Fantastic 4 dan Forecastle, pertama kali mengikuti ajang inovasi Nasional namun mampu melampaui target dengan menyabet penghargaan terbaik Diamond dan Platinum. "Mental juara, mental inovatif, mental kompetisi, harus melekat pada setiap Karyawan PILOG. Dengan pencapaian Tim Fantastic 4 dan Forecastle membuktikan bahwa PILOG itu mampu. Pencapaian bukan masalah besar atau kecil, tapi bagaimana proses kita mendapatkannya untuk membentuk diri menjadi winner mentality serta untuk membuktikan bahwa kita memiliki mental berkompetisi, harus bisa bekerja dengan target atau memiliki tujuan yang selaras dengan visi misi PILOG. Harus efisien, efektif, dan terus melakukan perbaikan (improvement) ke depannya agar menjadi penyemangat dan motivasi untuk seluruh karyawan” ungkap Tenta penuh semangat.

Melalui Departemen Sisman, Direksi berharap budaya inovasi akan terus dicanangkan dan tumbuh bibit-bibit innovator baru agar PILOG makin berprestasi dengan menciptakan berbagai inovasi.