PILOG Digital Community Ajang Upgrade Skill Para Content Creator

Content Creator, salah satu profesi yang popular saat ini. Bahkan sangat diminati oleh anak muda. Selain menjanjikan penghasilan yang tak terbatas, pekerjaan ini juga dapat mengasah kreativitas yang membuat kita dapat menciptakan hal-hal yang disenangi dan mengeluarkan ide out of the box dalam sebuah konten. 

Untuk membuat sebuah konten yang menarik dan berkualitas, tentunya dibutuhkan skill khusus. Nah, berikut ini ada beberapa skill yang wajib dikuasai oleh para creator, yaitu:

  1. Menulis kreatif 

Menulis, tidak selalu soal kata-kata yang indah atau yang menginspirasi. Dalam penulisan kreatif, yang menjadi goal adalah pesan yang disampaikan dari sebuah tulisan. Terkait hal ini, ada dua hal yang bisa kita lakukan untuk melatih penulisan kreatif. 

Yang pertama, belajar bahasa yang baik dan benar. Yup, dengan memahami penulisan yang baik, kosakata yang kaya, serta padanan kalimat yang benar, akan mempermudah proses penulisan. Kedua, Creator harus memiliki platform menulis, seperti blog, laman UGC dan juga media sosial. Di mana tulisan creator bisa dibaca banyak orang.  

  1. Memahami SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara mengoptimasi web agar menempati pencarian teratas di Google. Teknik SEO inilah yang harus dikuasai oleh pembuat konten dalam mempublikasikan karyanya. Hal itu karena SEO menjadikan konten lebih mudah dijangkau pengunjung dari berbagai kalangan.

Untuk memahami SEO, kita harus mempelajari fundamental atau dasar-dasarnya. Fundamental yang pertama meliputi konsep SEO itu sendiri, seperti tema konten, kecepatan penyajian, struktur dan navigasi, serta kepuasan pengunjung.

  1. Fotografi dan videografi

Skill yang selanjutnya adalah fotografi dan videografi. Seorang creator dituntut untuk menyajikan visualisasi yang menyegarkan. Akan disayangkan jika konsep yang dibuat sudah baik, namun diantarkan lewat visual yang seadanya. Ide fotografi atau videografi bisa creator dapatkan lewat banyak hal, seperti diskusi dengan creator lain, gabung dengan komunitas, dan lain-lain. 

  1. Editing

Hampir mirip dengan skill fotografi dan visual, editing menjadi hal yang penting untuk dipahami dan dikuasai. Kebanyakan konten foto atau video yang menuai banyak perhatian memiliki editing yang menarik. Creatos harus punya sense untuk memainkan dinamika sebuah video atau komposisi sebuah foto. 

Selain belajar dari expert (bisa lewat pelatihan, video YouTube, atau bertanya pada kenalan), sense akan hasil editing yang baik akan tumbuh seiring dengan pembuatan konten yang terus menerus.

  1. Pemahaman akan tools

Jika sudah memahami, menguasai, serta mengaplikasikan skill yang sudah disebutkan di atas, terakhir seorang creator harus bisa memahami serta menggunakan tools pembantu yang banyak tersedia. Ada berbagai tools yang digunakan dalam pembuatan konten. Mulai dari tools untuk produksi, seperti aplikasi video editing, photo editing, hingga yang sifatnya fisik seperti microphone, lighting, dan sebagainya. 

Dukung Komunitas Digital Content Creator, PILOG Hadirkan PILOG Digital Community

Beruntungnya, saat ini Content Creator mendapat banyak dukungan, salah satunya dari PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) yang beberapa waktu lalu baru saja meresmikan PDC (PILOG Digital Community). 

Yup, PDC ini merupakan Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan) dan CSV (Creating Shared Value) Pupuk Indonesia Grup. Atas dasar hal itu, PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) meresmikan PDC sebagai mitra binaan content creator untuk nantinya menjadi User Generated Content atau UGC dalam menyebarkan berita positif di media online. 

Hal ini tentunya sejalan dengan era digital saat ini, di mana platform digital menjadi media untuk menyebarkan informasi yang paling efektif. Menyadari hal itu, PT Pupuk Indonesia Logistik tak ketinggalan untuk memanfaatkan platform digital dalam menyebarkan informasi positif perusahaan dan memperkenalkan bisnisnya melalui PILOG dan platform digital yang dimiliki oleh creatornya, seperti website, sosial media, dan platform digital lainnya. 

PILOG Digital Community ini sebagai wadah sinergi komunitas dengan PT Pupuk Indonesia Logistik untuk meningkatkan dan memberikan informasi positif terkini dari perusahaan juga dapat menjadikan wadah kolaborasi bersama penulis di Jabodetabek, PILOG Digital Community nantinya juga akan diberikan pelatihan digital media seperti, Creative Writings, Basic SEO (Search Engine Optimization), Video Editing, dan Canva Editing. Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal bagi content creator agar lebih optimal dalam mengelola informasi di platform digital.

Dalam sambutannya, Tentaminarto selaku Direktur Utama PILOG, mengatakan bahwa, “Era digital seperti saat ini memang perlu adanya kolaborasi antara perusahaan dan komunitas digital guna meningkatkan citra dan pemberitaan positif perusahaan media online. PDC hadir tak hanya sebagai program TJSL dan CSV perusahaan tapi juga sebagai bentuk nyata pemberdayaan komunitas content creator di wilayah Jabodetabek dan nantinya diharapkan setiap tahun akan bertambah anggotanya.”